Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2011 JoomlaWorks Ltd.

Kemenkeu RI Gelar Sosialisasi PBB-P2 Di Kabupaten Bener Meriah

REDELONG : Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Komisi XI RI mengelar sosialisasi Pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2 menjadi pajak daerah di Kabupaten Bener Meriah. Acara sosialisasi itu berlansung di aula Setdakab setempat, Kamis (13/6)


Wakil Bupati Bener Meriah Drs. Rusli M. Saleh pada kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada rombongan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, juga dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, juga para peserta sosialisasi dan tamu undangan yang telah menyempatkan hadir untuk mengikuti pelaksanaan sosialisasi pelaksanaan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB-P2) menjadi pajak daerah di Kabupaten Bener Meriah.
Lanjut Wabup Drs. Rusli M Saleh, potensi PBB-P2 di Kabupaten Bener Meriah memang terbilang cukup besar, dan bahkan pada tahun-tahun ke depannya, potensi tersebut diprediksikan akan meningkat seiring dengan perkembangan sektor properti dan gairah investasi pemilik modal di Kabupaten Bener Meriah
Kabupaten Bener Meriah ini Kata wabub, memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah, yakni di bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, perindustrian, pertambangan dan juga bidang pariwisata yang masih alami, dan potensi itu insya allah akan seluruhnya menjadi kekuatan PAD Kabupaten Bener Meriah, karena sesuai amanat uu nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, PBB-P2 tidak lagi menjadi pajak pusat tetapi telah menjadi pajak daerah.
Namun, kita juga mengetahui, ada begitu banyak tantangan dalam implementasi PBB-P2 sebagai pajak daerah di Kabupaten Bener Meriah, hal itu, terutama dikaitkan dengan banyaknya jumlah objek pajak PBB-P2 yang mencapai 31 ribu objek pajak sampai saat ini. Jumlah objek pajak yang besar ini memang telah menjadi salah satu potensi permasalahan, baik dari sisi administrasi pengelolaan maupun pemungutannya. Namun, aneka tantangan ini tidak menyurutkan berbagai langkah persiapan kita menuju implementasi pengalihan PBB-P2 sebagai pajak daerah di Kabupaten Bener Meriah, bahkan kemudian, kita yang berada di lingkungan pemerintah Kabupaten Bener Meriah harus mampu melahirkan ide dan langkah yang dipandang perlu untuk menjawab berbagai tantangan tersebut.
"Untuk itu, kepada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Kabupaten Bener Meriah, panitia persiapan pengalihan PBB-P2 menjadi pajak daerah dan SKPD terkait lainnya agar terus memiliki fokus dalam mensukseskan seluruh persiapan pengalihan PBB-P2 sebagai pajak daerah di Kabupaten Bener Meriah. Untuk itu, di tahun 2013 ini Pemerintah Kabupaten Bener Meriah harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan terkait pengalihan PBB-P2 menjadi pajak daerah mulai 1 Januari 2014.
Lebih jauh disampaikan Drs. Rusli M Saleh, persiapan sarana dan prasarana, struktur organisasi dan tata kerja, dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), harus mendapat perhatian dan pembahasan yang serius dari kita semua. Juga terkait pembuatan qanun atau peraturan daerah, peraturan bupati, dan SOP yang mengatur PBB-P2 sebagai pajak daerah.
"Saudara-saudarapun, saya minta untuk melakukan komunikasi dan kerjasama dengan para pihak terkait seperti Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bireuen, perbankan, Badan Pertanahan Nasional, dan notaris/ pejabat pembuat akta tanah,"ujarnya
selain itu kata Wabub, penting juga untuk mulai mempertimbangkan pembukaan rekening penerimaan PBB-P2 pada bank yang sehat. "Insyaallah, dengan perencanaan yang matang, kita akan memastikan impelementasi pengalihan PBB-P2 menjadi pajak daerah di Kabupaten Bener Meriah dapat berjalan dengan baik dan lancer,"harap Drs. Rusli M Saleh.
Sementara itu, Ketua Komisi XI DPR RI, Ir Izedrik Emir Moeis, melalui anggota Komisi XI DPR-RI Amin Santono menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah atas segala bantuannya dalam menyukseskan penyelenggaraan sosialisasi ini.
Lanjutnya, sosialisasi pengalihan PBB-P2 menjadi pajak daerah ini agar bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bener Meriah. Sosialisasi yang sama, kata anggota Komisi XI DPR-RI itu, telah dilakukan pada sejumlah daerah.
Menurut dia, UU Nomor 28 Tahun 2009 ini dibuat bertujuan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk menarik pajak dan retribusi yang selama ini masih menjadi kewenangan pemerintah pusat.
Ditambahkan, sewaktu pajak dan retribusi ini masih ditangani oleh pemerintah pusat melalui Kantor Pajak pemerintah daerah melalui provinsi mendapatkan hanya 65 persen.
Inilah yang menjadi pertimbangan anggota DPR RI membuat UU ini agar seluruhnya ditarik dan dikelola sendiri oleh pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) masing-masing, katanya. Dia berpesan kepada pemda apabila UU ini yang diupayakan mulai diberlakukan tahun 2014 mendatang hasilnya dapat dimanfaatkan dengan baik dan meningkatkan pembangunan di daerah.
Turut hadir pada acara sosialisasi pengalihan PBB-P2 itu Amin Santono anggota komisi XI DPR-RI, Diah Sarkorini Kepala Sub Direktorat Pajak Daerah dan Retribusi Daerah IV, DJPK, Kemenkeu, Harits Kurnia Mustofa Kepala Seksi Bimbingan Ekstensifikasi Perpajakan, Kanwil DJP Aceh Kemenkeu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bener Meriah, Sekretaris daerah beserta para asisten, staf ahli bupati dan staf khusus bupati Kabupaten Bener Meriah, kepala dinas, badan ,kantor, serta para camat dalam Kabupaten Bener Meriah, perwakilan kepala kantor pelayanan pajak pratama Bireuen atau yang mewakili, Kepala KP2KP Rimba Raya Kabupaten Bener Meriah, kepala mukim dan kepala kampong dalam Kabupaten Bener Meriah.(Humas Setdakab Bener Meriah)

 Visi : Kabupaten Bener Meriah
          “Mewujudkan Bener Meriah Menjadi Kabupaten Madani ”.

 Misi : Kabupaten Bener Meriah

  1. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT
  2. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan       
  3. Mengembangkan Tata Kelola Pertanian
  4. Mengembangkan Pelayanan Industri
  5. Mengembangkan Perdagangan Skala  Global
  6. Mengembangkan Pemamfaatan energi
  7. Meningkatkan Pemeliharaan Hutan

 

 

FB Fun page
 
Menu
[Kembali ke atas]
 
Galery
Galery PEMKAB Bener Meriah
Galery Photo
Galery Photo
 
Video
Video Profil
 
 

 
Login

 
Terbaru
 
Terpopuler
 
 

 

 

Copyright © 2013 Pemkab Bener meriah All Rights Reserved.