Ribuaan Jamaah Hadiri Zikir Akbar Rateb Seribe Di Pondok Baru - Pemkab Bener Meriah Kerja Sama Pengolahan Sampah Jadi Pupuk - Kunjungi Puncak Oregon Tingkem, Bupati dan Anggota DPRK Bener Meriah Takjub - Silaturrahmi Eksekutif dan Legislatif Bener Meriah Diskusi Bahas Pembangunan - Bupati Bener Meriah: Membangun Tanpa Data Bagai Berjalan Tanpa Tujuan - Milenial Bener Meriah Ditingkatkan Kesadaran Bela Negara - Inovasi PRK Kampung Pondok Gajah Hendak Diadopsi Disdukcapil Pidie Jaya dan Gayo Lues - Bupati Bener Meriah: Santri Berkontribusi Rawat Perdamaian Dunia - BKMT Bener Meriah Pengajian Akbar ke-4 di Kecamatan Permata - Sesuai SE Mendagri RI, Bupati Himbau Masyarakat Bener Meriah Doa Bersama - Air Terjun Tansaran Bidin Bener Meriah Masuk Nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler API 2019 - Pemkab dan DPRK Bener Meriah Siap Susun Rancangan Qanun Perlindungan Kopi Arabika Gayo - Sekda Aceh Kunjungan Kerja Ke Bener Meriah: ASN Jangan Mengeluh - Bupati Bener Meriah Lantik Pejabat Eselon II, III, dan IV - Menangkal Isu Negatif Terhadap Kopi Arabika Gayo, DPRK Bener Meriah Ngopi Bersama -

Ribuaan Jamaah Hadiri Zikir Akbar Rateb Seribe Di Pondok Baru

29-10-2019 09:57:21

Redelong- Ribuaan jamaah dari berbagai kampung dari Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, hadiri zikir akbar rateb seribe yang diselengarakan Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia  (MPTT-I) Kabupaten Bener Meriah, Minggu, (27/10/2019) di Kampung Pondok Baru Kecamatan Bandar.

Zikir rateb seribe yang dilaksanakan,  dalam rangak meningkatkan keimanan sekaligus menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 serta memperingati hari santri ke-V, kata koordinator MPTT-I Kecamatan Bandar, Ismail.

Kegiatan dengan tema "mengembalikan eksistensi kesufian di tengah pemuda/i dan masyarakat Bener Meriah untuk kedamaian dan pemersatu bangsa" sangat diapresiasi oleh Camat Bandar, Rais Abidin, SH.

"Ini adalah merupakan kegiatan untuk mengisi kebutuhan rohani kita, dalam meningkatkan rasa kecintaan kita kepada sang pencipta yang telah memberikan kita rahmat dan anugerahnya sehingga kita bisa melaksanakan zikir," kata Rais Abidin.

Menurut Rais Abidin, untuk saat ini sudah ada tiga wadah yang menghimpun umat Islam dalam meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Di antaranya Majelis Zikrullah Aceh (MZA) yang berpusat di Kecamatan Bandar, dan Alwaliyah atau Lita' arafu yang juga di Kecamatan Bandar, dan Rateb Seribe yang berpusat di Kecamatan Permata. 

"Wadah ini harus kita isi dengan kegiatan kerohanian dan wadah yang bisa mempersatukan umat untuk meningkatkan keimanan kita kepada sang Khaliq," pintu Camat Bandar itu.

Dalam kesempatan itu, Rais Abidin juga menyampaikan, untuk saat ini pihaknya juga  sedang membuka  ladang pahala yakni membangun  Bandar Islamic Center (BIC) yang berada di Kampung Simpang Bahgie.

Dimana, keberadaan BIC itu nantinya akan dijadikan untuk tiga fungsi yakni fungsi sosial, olahraga, dan fungsi studi Islam, tutur Rais.

Lanjutnya, kita berharap dengan berfungsi Bandar Islamic center (BIC) nantinya, dapat meningkatkan kualitas bidang keagamaan bagi generasi. Di samping itu juga untuk meminalisir bocornya peredaran uang kita ke daerah luar.

"Selama ini setiap tahunnya, hampir 8 milyar uang kita beredar di daerah lain. Karena untuk saat ini begitu banyak anak-anak kita melanjutkan pendidikan baik pesantren (dayah) maupun sekolah, kuliah luar kabupaten Bener Meriah," kata Rais Abidin.

Untuk itu, dengan adanya BIC dengan fungsi study Islamnya dapat merumuskan dan memprogramkan peningkatan kualitas pendidikan agama di daerah ini.

Di hadapan ribuaan jamaah rateb seribe itu, Rais Abidin juga menyampaikan, saat ini, pembebasan lahannya belum selesai untuk pembayarannya  kepada masyarakat pemilik tanah, namun kita terus membuka ladang pahala bagi kita semua yang mau berinfak untuk membangun BIC itu," kata Rais Abidin.

Sementara, kegiatan zikir Akbar rateb seribe yang diselengarakan di Pondok Baru itu, juga diwarnai dengan pembacaan makalah oleh anggota MPTT-I Kabupaten Bener Meriah di bawah pimpinan Alfakir Alisyah Algayoyi.

Sebelumnya dalam laporannya Wali Nanggro MPTT-I Bener Meriah Abubakar Sidik menyampaikan, kegiatan zikir akbar rateb seribe ini diprakarsai oleh jamaah MPTT-I yang ada di Kecamatan Bandar, serta dukungan dari Camat Bandar dan jamaah yang tergabung dalam MPTT-I Kabupaten Bener Meriah maupun Aceh Tengah. 

Kegiatan ini, tidak lain dan tidak bukan hanya untuk meminta syafaat dari Allah SWT dan baik untuk keselamatan diri, umat, maupun keutuhan negara ini, ungkapnya.* (gn/fa)