Ratusan Calon Peserta Jemaah Haji Bener Meriah Ikuti Pemeriksaan Kesehatan - Pemangkasan Kopi Guna Meningkatkan Produksi Buah Kopi - Disperindag Aceh Gelar Pasar Murah Di Bener Meriah - 8885 Petani Bener Meriah Terima Bantuan Program RKR - Mhd Saleh Resmi Jadi Ketua DPRK Bener Meriah Periode 2019-2024 - Cepat Tanggap BPBD Bener Meriah, Jalan Eks KKA Sempat Lumpuh Total Kembali Normal - Bupati Bener Meriah Launcing Kampung Damaran Baru Sebagai Eco Village - Istri Plt. Gubernur Aceh Ikut Memeriahkan Fiesta Lomba Panen Kopi di Bener Meriah - Puluhan Mobil Hias Ikuti Karnaval Feista Panen Kopi Gamifest 2019 di Bener Meriah - Piala Juara 1 API Awards untuk Air Terjun Tansaran Bidin Diserahkan Kepada Bupati Bener Meriah - Bupati Bener Meriah Buka Secara Resmi Festival Guel Gamifest 2019 - TP-PKK Kecamatan Dihimbau Berperan Aktif Dampingi Program-Program Pemerintah - 21 Sanggar Se-Aceh Ikut Festival Tari Guel di Bener Meriah - Konflik Gajah Dengan Manusia Tak Kunjung Selesai, Bupati Minta BKSDA Cari Solusi - Kesbangpol Aceh Gelar Forum Dialog Terakit Perkembangan Politik di Bener Meriah -

Ratusan Calon Peserta Jemaah Haji Bener Meriah Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

02-12-2019 19:35:06


Redelong- Guna untuk mendeteksi dini perihal kebugaran fisik para calon jemaah haji Kabupaten Bener Meriah,  Kementerian  Agama (Kemenag) Bener Meriah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bener Meriah  gelar pemeriksaan kesehatan pada 134 calon peserta jemaah haji Bener Meriah  tahun 2020 di Aula Kemenag Bener Meriah, Senin, (2/12/2019).

Sedikitnya 15 personil dari tim Laboratorium Kesehatan dan Riset Cabang Takengon, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bener Meriah melakukan pengecekan dan pemeriksaan dini terhadap kesehatan calon jamaah haji Bener Meriah.

Kepala Kemenag Bener Meriah H Saidi B, S. Ag. Ma menyebutkan, untuk tahun ini pemeriksaan kesehatan para calon jemaah haji Bener Meriah lebih awal dilakukan agar saat pemberangkatan nantinya para calon jemaah haji tidak terkendala kesehatan lagi.

Selain itu,  apapun yang terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan terhadap calon peserta  dapat diatasi karena memang pemberangkatan masih sekitar 6 bulan lagi.

Namun, dengan dilakukan pemeriksaan dini kita dapat mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi dengan kesehatan mereka dan itu yang akan diobati selama 6 bulan kedepan.

Tambahnya, nanti apabila pemeriksaan menyeluruh seperti pemberkasan dan lain-lainnya tidak terkendala lagi untuk pemberangkatan dan ini salah satu bentuk antisipasi. Sebut Kakan Kemenag itu.

Menurutnya, ketika dikeluarkan surat istitaah oleh dinas tidak terkendala lagi, karena itu mutlak kalau tidak sehat tidak mungkin keluar surat istitaah untuk pelunasan Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH).

Ia menghimbau, para calon peserta jemaah haji tahun 2020 agar senantiasa memperhatikan pola makan dan menjaga kesehatan. Agar saat pemberangkatan nantinya kondisi mereka benar-benar sehat.

Sementara itu Kepala Laboratorium Kesehatan dan Riset Cabang Aceh Tengah, Riska Sani menuturkan, adapun kesehatan calon peserta jemaah haji Bener Meriah yang diperiksa diantarnya, kolesterol lengkap, hati, jantung, darah, gula dan lain-lainnya.

Tambahnya, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bener Meriah untuk pemeriksaan terhadap calon peserta jemaah hai itu. Nanti setelah hasil lab keluar pemeriksaan secara berkala terhadap calon peserta jemaah haji itu akan dilakukan di Puskesmas.

"Setelah keluar hasil lab, nanti selanjutnya akan diperiksa di puskesmas masing-masing dan kemudian akan ditangani dokter hajinya," papar Riska Sani.*(gn/fa)