Pelajar SMA I Bukit Ikuti Bimbingan Perkawinan Pra Nikah - Cegah Pernikahan Dini DP3AKB Gelar Penyuluhan Generasi Berencana Terhadap Santri - Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Patuh Seulawah Tahun 2020 Polres Bener Meriah. - Legislatif dan Eksekutif Bener Meriah Gelar Sidang Paripurna Pertangung Jawaban APBD Tahun Anggran 2019 - Satu Pasien Probable Covid-19 Dirujuk Ke RSU Zainal Abidin Banda Aceh - Bupati Bener Meriah Berikan Penghargaan Umroh Gratis kepada Relawan Covid-19 Asal Tanah Gayo Terima - Gempa berkekuatan 4.2 SR Guncang Aceh Tengah dan Bener Meriah - Camat Bukit Pimpin Tim Gabungan Tertipkan Pedagang Yang Berjualan di Badan Jalan - MPD Lakukan Monitoring Protokol Kesehatan Sekolah Minggu Kedua Berlangsung - Penyerahan Bantuan Ketahanan Pangan di Siner Jaya Paya Ringkel - Mhd Saleh, Program Diperuntukkan untuk Masyarakat Dipergunakan Secara Maksimal - Sekda Bener Meriah Hadiri Rapat Banggar Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2019 - Dukungan untuk Kemenangan Radio Rimba Raya dalam Penghargaan API Terus Mengalir - Operasi Patuh Rencong 2020 Akan Digelar Juli dan Agustus di Bener Meriah - Relawan Medis Covid-19 Asal Tanah Gayo Pulang Ke Bener Meriah -

Pelajar SMA I Bukit Ikuti Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

23-07-2020 18:16:32



Redelong- Dalam rangka mengantisipasi terjadinya perkawinan dini ( Dispensasi kawin ) , serta mengantisipsi peningkatan perceraiaan bagi pasangan usia muda, Kantor Kementerian Agama ( Kemenag ) Kabupaten Bener Meriah melalaui Seksi Bimbingan Msyarakat Islam ( Bimas ) bekerjasama mengelar kegiatan Bimbingan perkawinan pra nikah bagi remaja usia sekolah. Kamis ( 23/7/2020) di Aula SMA I Bukit.



Kepala Kemenag Bener Meriah, H Saidi B,S Ag. MA saat dikonfirmasai media ini menyampaikan, hari ini pihaknya mengelar kegiatan bimbingan perkawian pra nikah bagi remaja usia sekolah yang di ikuti sebanyak 100 peserta merupakan murid SMA I Bukit. 



Menurut Saidi, pihaknya merencanakan program bimbingan kawani pra nikah bagi remaja usia pelajar direalisasikan pada bulan maret yang lalau, namun karena situasi pendemi Covid-19 baru hari ini bisa dilaksanakan. 



“ Dari pihak panitia, khususnya bagian bimas islam di ternyata sudah berkomunikasi dengan pihak kepala SMA I Bukit jadi baru hari ini bisa dilaksanakan “ 



Dikatakan Saidi, tujuan dari dilaksanakan program tersebut adalah untuk memberikan pemahaman atau pembekalan bagi  para usia sekolah tingkat SMA dalam menciptakan keluarga yang sakinah ketika mereka  membina rumah tangga nantinya. 

 

“ Intinya program ini adalah untuk menghindari terjadinya pernikahan dini , sehingga bagi mereka perlu pencerahan, perlu pemahaman supaya mereka mengekatahui kira-kira dampak positif maupun negatinya apabila terjadi pernikahan dini tersebut “ sebut Kakan Kemenag Bener Meriah itu 



Saidi juga berharap, agar setelah mereka menamatkan Sekolah tingkat SMA itu jangan terus buru-buru menikah tetapi perlu mempersiapkan diri lebih matang hingga usia yang ideal untuk merajut rumah tangga agar terjalin keluarga yang  sakinah nantinya. 



Lebih lanjut dikatakan Saidi, program tersebut merupakan program kontinyu yang dilaksanakan setahun sekali dimana tahun sebelumnya pihaknya juga telah mengelar di Sekolah tingkat MA. Paparnya.



“ Kita akan tetap usul kegiatan ini setiap tahun karena ini sebahagian program kegiatan kita di Kementrian Agama sebagai fasilitator kaitanya dengan keluarga sakinah “ pungkas  Saidi



Ia berharap, dengan dilaksanakannya kegaiatan ini seluruh warga Bener Meriah khususnya kalangan remaja, ketika akan melaksanakan pernikahan itu dipahami bahwa pernikahan itu adalah sesuatu yang skaral. Terangnya. 



Sebelunya, dari informasi yang dihimpun media ini dari Panetra Mahkamah Syariah Simpang Tiga Redelong Sukna beberapa hari yang lalu menyebutkan angka perceraian di Kabupaten Bener Meriah cukup tinggi dan didominan oleh pasangan yang masih usia muda. (gn)