Kampung Pantan Sinaku Salah Satu Daerah Penerima Program KAT - MPU Bener Meriah Muzakarah Tentang Hukum Hibah dan Wasiat - SMK Negeri 5 Bener Meriah Kembangkan Inovasi Cascara Kopi - Bukit Oregon Tingkem Siap Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata - Ribuaan Jamaah Hadiri Zikir Akbar Rateb Seribe Di Pondok Baru - Pemkab Bener Meriah Kerja Sama Pengolahan Sampah Jadi Pupuk - Kunjungi Puncak Oregon Tingkem, Bupati dan Anggota DPRK Bener Meriah Takjub - Silaturrahmi Eksekutif dan Legislatif Bener Meriah Diskusi Bahas Pembangunan - Bupati Bener Meriah: Membangun Tanpa Data Bagai Berjalan Tanpa Tujuan - Milenial Bener Meriah Ditingkatkan Kesadaran Bela Negara - Inovasi PRK Kampung Pondok Gajah Hendak Diadopsi Disdukcapil Pidie Jaya dan Gayo Lues - Bupati Bener Meriah: Santri Berkontribusi Rawat Perdamaian Dunia - BKMT Bener Meriah Pengajian Akbar ke-4 di Kecamatan Permata - Sesuai SE Mendagri RI, Bupati Himbau Masyarakat Bener Meriah Doa Bersama - Air Terjun Tansaran Bidin Bener Meriah Masuk Nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler API 2019 -

Kampung Pantan Sinaku Salah Satu Daerah Penerima Program KAT

02-11-2019 11:58:42

Redelong- Karena masih belum terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakatnya, Kementerian sosial (Kemensos) RI menunjuk Kampung Pantan Sinaku yang berada di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, salah satu penerima program  Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT). Penunjukkan kampung tersebut telah melalui proses pemetaan sosial dan penjajakan awal serta telah melalui tahapan semiloka oleh tim terpadu. 

Hal itu disampaikan Ani Sulistianingsih Kasubid Pelaksanaan Pemberdayaan Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Lingkungan Adat Terpencil pada Kementerian Sosial di Kantor Dinas Sosial Bener Meriah, Jum'at, (1/11/2019).

Kampung Pantan Sinaku menjadi salah satu dari 12 lokasi penerima bantuan. Bantuan berasal donasi pelanggan Indomaret yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Ani mengatakan untuk tahun 2019 pengumpulan uang dan barang (PUB) pelanggan Indomaret yang ada di seluruh Indonesia meningkat sangat signifikan dari tahun 2018 mencapai 7 milyar lebih kalau sebelumnya hanya 2,3 milyar. Jelas Ani Sulistianingsih.

Lanjutnya, dengan peningkatan yang signifikan tersebut, mengisyaratkan bahwa masyarakat pelanggan Indomaret menyadari donasi bantuan disalurkan melalui program kementerian sosial sampai pada mereka sehingga kian tahun donasi yang terkumpul semakin meningkat.

Dengan tekumpulnya donasi yang mencapai 7 milyar lebih kementrian sosial bekerjasama dengan pihak Indomaret melalui anggaran donasi pelanggannya akan memberdayakan 12 lokasi komunitas adat terpencil dan salah satunya di Kabupaten Bener Meriah tepatnya di Kampung Pantan Sinaku.

Ani menerangkan, ditetapkannya Pantan Sinaku sebagai salah satu penerima bantuan pemberdayaan Adat Terpencil (KAT) karena masih belum terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat di sana, seperti Sarana Air Bersih (SAB), MCK, dan Balai Sosial. 

Selain itu, kebutuhan dasar seperti kesehatan, pendidikan juga belum terpenuhi secara maksimal di kampung Pantan Sinaku tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan membangun Sarana Air Bersih (SAB), MCK, dan Balai Sosial yang telah mereka survey lokasinya dengan pihak Dinas Sosial Provinsi Aceh,  Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah dan perwakilan  Yayasan Peduli Dhafa. 

Ani juga menuturkan, memang salah satu kriteria penetapan daerah Komunitas Adat Terpencil (KAT) adalah masyarakat homogen (satu suku) dengan komunitas kecil antara 30-50 KK yang terdapat di wilayah yang masih terisolir di dalam hutan maupun pegunungan, karena program ini dari mereka untuk mereka.

Ani menyampaikan, pemetaan sosial dan penjajakan awal penentuan daerah Pantan Sinaku menjadi salah satu penerima program PKAT.  Itu sudah dilakukan pada tahun 2016 dan selesai pada tahun 2017 yang telah mendapatkan perhatian dari Kemensos dengan membangun sedikitnya 41 unit rumah masyarakat dan memenuhi aliran listrik pada rumah-rumah masyarakat tersebut.

"Sebenarnya Pantan Sinaku sudah Purn Bina  dari Kementerian sosial. Untuk itu kita tidak boleh mengunakan sumber anggaran APBN lagi untuk pemberdayaan komunitas adat terpencil di sana. Dan kehadiran  kita hari tidak memakai APBN namun kita mengunakan anggaran donasi pelanggan Indomaret," ucap Ani Sulistianingsih.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah, Almanar, sangat merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan Kementerian Sosial yang akan membangun Sarana Air Bersih, MCK, dan Balai Sosial di Kampung Pantan Sinaku.

"Sebagai masyarakat Bener Meriah marilah kita menjaga kebersamaan dan menjalankan program-program pemerintah yang telah diberikan pada masyarakat khususnya di pintu Rime Gayo tepatnya di Kampung Pantan Sinaku, mari kita jaga bersama-sama agar keberlanjutan program dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin." *(gn/fa)