Disdukcapil Bener Meriah Kekurangan Blangko E-KTP dan Tinta Cetak KIA - Diguyur Hujan, Masyarakat Tetap Antusias Saksikan Pertunjukan Rakyat Bahaya Narkoba - Bersama Diskominsa Aceh, Diskominfo Bener Meriah Gelar Pertunjukan Rakyat Bahaya Narkoba - Melalui Seni, Jauhi Narkoba - Kesbangpol Kabupaten Bener Meriah Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Pelajar SMA - Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala Adakan Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat Bener Meriah - Jalin Kerjasama dengan Bank Bantuan Program Kartu Petani Mulia (KPM) Tahap II Akan Segera Disalurkan - Aparatur Kampung di Bener Meriah Diikutsertakan Sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan - Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Bekerjasama dengan IHF Gelar Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter - Lantik 8 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Bupati Bener Meriah Minta Para Kadis Lebih Peka - Satpol PP Bener Meriah Razia ASN Yang Berkeliaran Pada Jam Kerja - Pemkab Bener Meriah Lepas Kafilah MTQ Aceh Ke--XXXIV - KONI Bener Meriah Siapkan Diri untuk Musorkab dan Pemilihan Ketua Umum - Penerima Bansos PKH dan BPNT di Bener Meriah akan di Tempel Stiker Rumah Tangga Miskin - Mandala, Pimpin Kembali RAPI Kabupaten Bener Meriah Periode 2019-2023 -

Disdukcapil Bener Meriah Kekurangan Blangko E-KTP dan Tinta Cetak KIA

05-10-2019 15:49:31


Redelong- Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), terus berupaya memaksimalkan pemenuhan dokumen kependudukan masyarakat kabupaten Bener Meriah.

Perekaman e-KTP bagi pemula, dari tahun yang lalu sudah dilakukan secara keliling dari kecamatan ke kecamatan yang ada di Kabupaten Bener Meriah. Hal ini disampaikan Sekretaris Disdukcapil Bener Meriah, M. Tamin, Jum'at, (4/10/2019) di ruang kerjanya.

Tamin mengatakan saat ini blangko untuk mencetak KTP Elektronik masih belum tersedia. Kekurangan blangko ini terjadi bukan hanya di Bener Meriah, tapi terjadi secara nasional. 

"Kalau blangko KTP memang habis. Tapi ini terjadi secara nasional sejak beberapa bulan yang lalu. Namun untuk masyarakat yang membutuhkan kita bisa menerbitkan  surat keterangan (sukat) yang berlaku selama 6 bulan," jelas M. Tamin.

Terkait blangko Kartu Indentitas Anak (KIA), menurut Tamin, sejauh ini Kabupaten Bener Meriah memiliki blangko terbanyak se-Aceh yang mencapai 38 ribu keping. Hal itu lantaran kabupaten Bener Meriah meraih penghargaan cakupan admistrasi kependudukan secara nasional kala itu. Oleh karena itu Bener Meriah memperoleh 38 ribu blangko KIA secara gratis, papar Sekretaris Disdukcapil Bener Meriah itu.

Sementara itu, Eryanto Abduh Yunus, SH Kabid pencatatan sipil pada Disdukcapil Bener Meriah menyampaikan, sejauh ini sedikitnya sudah 6000 KIA yang sudah dicetak pihaknya.

Lanjutnya, pada tahun ini hampir 17 ribu yang sudah siap dientri. Namun yang menjadi kendala yang dihadapi saat ini ketersediaan alat yang berupa klingkit (sejenis tinta) kalau klingkit itu terpenuhi maka tidak ada kendala.

Ia menambahkan, satu klingkit itu hanya mampu mencetak 1000 keping sedang klingkit yang kita miliki hanya dua yang artinya sebanyak 2000 keping yang dapat dicetak, tutur Kabid Pencatatan sipil itu.  *(Gn/fa)