Bukit Oregon Tingkem Siap Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata - Ribuaan Jamaah Hadiri Zikir Akbar Rateb Seribe Di Pondok Baru - Pemkab Bener Meriah Kerja Sama Pengolahan Sampah Jadi Pupuk - Kunjungi Puncak Oregon Tingkem, Bupati dan Anggota DPRK Bener Meriah Takjub - Silaturrahmi Eksekutif dan Legislatif Bener Meriah Diskusi Bahas Pembangunan - Bupati Bener Meriah: Membangun Tanpa Data Bagai Berjalan Tanpa Tujuan - Milenial Bener Meriah Ditingkatkan Kesadaran Bela Negara - Inovasi PRK Kampung Pondok Gajah Hendak Diadopsi Disdukcapil Pidie Jaya dan Gayo Lues - Bupati Bener Meriah: Santri Berkontribusi Rawat Perdamaian Dunia - BKMT Bener Meriah Pengajian Akbar ke-4 di Kecamatan Permata - Sesuai SE Mendagri RI, Bupati Himbau Masyarakat Bener Meriah Doa Bersama - Air Terjun Tansaran Bidin Bener Meriah Masuk Nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler API 2019 - Pemkab dan DPRK Bener Meriah Siap Susun Rancangan Qanun Perlindungan Kopi Arabika Gayo - Sekda Aceh Kunjungan Kerja Ke Bener Meriah: ASN Jangan Mengeluh - Bupati Bener Meriah Lantik Pejabat Eselon II, III, dan IV -

Bukit Oregon Tingkem Siap Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata

31-10-2019 09:48:59

Redelong- Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Pariwisata, siap mengembangkan Bukit Oregon yang ada di Kampung Tingkem, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah menjadi salah satu destinasi wisata andalan baru di Bener Meriah. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Bener Meriah, Riswandika Putra, di ruang kerjanya, Rabu, 30/10/2019.

Riswandika mengatakan Bukit Oregon Tingkem mudah dikunjungi di Kabupaten Bener Meriah, karena posisinya itu di lintasan. Apabila akses jalan selesai dibangun, maka masyarakat kabupaten Aceh Tengah yang mau ke Bener Meriah makin lebih mudah dan dekat sampai ke Bukit Oregon Tingkem tanpa ada masalah .

"Saudara-saudara kita yang dari Aceh Tengah mau ke Bener Meriah jauh lebih dekat melewati akses jalan Bukit Oregon Tingkem, seraya menikmati pesona keindahan dari tempat ketinggian 1800 mdpl itu," kata Kadis Pariwisata Bener Meriah.

Riswandika menambahkan, mudah-mudahan ke depan pihaknya bisa segera mengembangkan Bukit Oregon Tingkem menjadi destinasi wisata andalan baru di Bener Meriah.

Ia juga menyampaikan bahwa kemungkinan besar akan ada dana yang akan diplotkan melalui Dinas Pariwisata untuk pengembangan Bukit Oregon Tingkem. Sementara ini,  kita masih menyiapkan konsep master plan pengembangannya. 

Mengenai pengelolaannya, Riswandika mengatakan Bukit Oregon nantinya akan melibatkan pemuda setempat yang berada dalam Bumdes dan kerjasama dengan pokdarwis (kelompok sadar wisata) kampung tersebut. 

Kadis Pariwisata berharap dukungan dari semua elemen sehingga Bukit Oregon Tingkem bisa segera dikembangkan.

Sementara itu di tempat terpisah,  Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Bener Meriah, Mahfuda, saat ditanya terkait status keberadaan Bukit Oregon Tingkem menyampaikan bukan pada status tanah bebas. Di sana sudah dikuasai beberapa masyarakat. Namun, dapat dikembangkan Bukit Oregon Tingkem menjadi destinasi wisata, kita telah konfirmasi pada reje kampung setempat. Jelas Mahfuda.

"Reje Kampung Tingkem dan masyarakat sekitarnya kalau itu digunakan untuk objek wisata tidak keberatan karena memang tekstur tanahnya di pematang tersebut memang agak sedikit keras," ujar Mahfuda.

Mahfuda juga mendukung jika Bukit Oregon Tingkem dikembangkan menjadi destinasi wisata. Bukit Oregon Tingkem yang menyuguhkan keindahan panorama dua kabupaten sekaligus akan mampu menarik pengunjung dan tentunya akan menjadi income baru untuk masyarakat sekitar dan Bener Meriah secara umum.*(gn/fa)